BUAH JEMARI-Q

Sabtu, 14 Juli 2012

Syeikh Yasin Padang

Syeikh Yasin Padang

Dikalangan ulama, hususunya dikalangan ulama hadist masa kini, Syeikh Yasin Al-Padani adalah ulama yang berhidmah dalam segala hazanah keilmuan, hususnya dalam bidang hadist. Bahkan, Syeikh Yasin adalah pengharum bangsa hususunya jawa hingga murid beliau menuliskan dalam suatu buku dengan tema “al jawiyyun walau sebenernya beliau bukan dari pulau jawa. Beliau adalah penyambung runtutan sanad ulama Hijaz dan Mesir.

Beliau adalah Alam el dien Muhammad yasin bin Muhammad Isya Al-Padani, yang akrab dan terkenal dengan panggilan Syaikh Yasin Padani, kata Padani itu karena orang tua beliau berasal dari Indonesia namun beliau dilahirkan di Makkah.

Syeikh Yasin Padani lahir di Makkah pada tahun 1335 H (1915 M). beliau lebih familiar sebagai ulama hadist tepatnya musnid masa kini. Sehingga banyak sekali kita mendengar para pengajar hadist pasti tidak luput dalam runtutan gurunya pasti ada beliau. Semisal Mufti Mesir sekarang. Karena Syeikh Yasin penyambung  musnid hadist Mesir   terahir yaitu dari Syeikh Abi Abdillah Muhammad Al Amir kabir Mesir   (w. 1232 H), yang mana beliau mengambil dari murid Syeikh Amir Kabir.

Sejak kecil beliau hidup dilingkungan keluarga yang taat beragama. Awal perjalanan beliau dalam mencari ilmu dimulai dari pengajaran ayahanda beliau Syeikh Mu`ammar Muhammad Isa Padani, kemudian dari paman beliau Mahmud. Setelah itu beliau masuk ke Madrasah Shoulatiyyah, Madrasah yang berada di Mekkah disana beliau mendalami tentang Madzhab Syafii dan Hanafi. Selain beliau belajar di non formal disekitar Mejidil Haram, beliau juga masuk di sekolah formal di Darul Ulum Mekkah, beliau memfokuskan kajiannya dalam madzhab Syafii. Karena memang Indonesia yang perkembangan islamnya dibawa oleh orang-orang hadromy yang Syafiiah. Itu semua berpengaruh pada anak negaranya.

Diantara guru besar beliau adalah Syeikh Muhammad Ali bin Husein bin Ibrohim Al Maliki Mekkah, Syeikh Umr bin Hamdan Mahrosi, Syeikh Umar Ba Junaid (beliau adalah seorang mufti hususnya madzhab Syafii), Sayeed Idrus bin Salin Bar, Syeikh Said Yaman, Syeikh Hasan Yaman (putra Syeikh Said), Syeikh Hasan bin Muhammad Masyath (beliau seorang juru hakim), dan masih banya lagi.

Syeikh Yasin padani selalu mengkaji agama dari guru-gurunya dengan metode mendengarkan gurunya, ataupun membacakan kepada guru beliau. Sehingga beliau mendapatkan sanad dan ijazah membaca (qiroah) dan mendengarkan (sima`). Karena memang sanad adalah sebagian dari agama, jika tanpa sanad maka orang selanjutnya akan berbicara sekehendak mereka ( ibnu mubarok).

Beliau selalu mengedepankan ahlak bersama guru, sahabat, bahkan dengan murid-murid beliau. Bukti dari beliau sangat berahlak dengan gurunya adalah beliau sellau menghormati, bahkan menyebutkan guru-guru beliau dalam setiap majlis bahkan karangan-karangan beliau.
Walaupun beliau dikalangan ulama, dikenal sebagai seorang musnid, namun beliau itu sesosok ulama yang kaya akan hazanah literature keilmuan, bahkan beliau sering mendapautkan pertanyaan tertulis yang dikirimkan oleh ulama-ulama Indonesia hususnya lama jawa untuk bertanya suatu masalah kepada beliau yang bernotabene di Mekkah saat itu. Beliau sibuk mengajar dan menuai karya-karyanya tentang segala literature agama, walau emang ahir hayat beliau gunakan untuk berhidmat dengan  hadist dengan intens  dalam bidang ilmu isnad.

Beliau mulai berhidmat mengajar semenjak umur beliau dibawah 20 tahun, beliau mulai mengajar di Majidil Haram Mekkah, Madrasah Darul Ulum tempat beliau belajar dulu, dan juga mengajar dikediaman beliau sendiri. Bukan hanya mengajar, namun setiap apa yang beliau ajarkan pasti beliau menulis karyanya dalam bidang itu. Maka beliau menulis Tafsir. Dasar-dasar pentafsiran, Hadist, Fikih Syafii mencakup kaidah, dasar-dasar, serta tokoh-tokoh fikih Syafii, balaghoh, Bayan, Mantiq dan yang lainnya.
Maka tak heran jika karangan beliau sangat banyak, diantara karangan beliau adalah syarah kitab Sunan Abi Daud 20 jilid, Syarah Luma` Abi Ishaq 2 jild, fawaidul janiyah, dan masih banyak lagi. Adapun karya beliau yang tercetak tentang riwayat diantaranya adalah; Ittihaful Ikhwan 2 juz, Tanwirul bashiroh bi turuqil isnad al syahiroh, dan masih banyak lagi hambir puluhan kitab lainnya tentang riwayat.

Adapun di masa senja beliau gunakan untuk berhidmah dalam bidang hadist hususnya sanad. Beliau pulang ke rahmatulloh di usianya yang ke 73 tahun, di Makkah Mukarromah jumat pagi tepatnya tanggal 28 Dzul Hijjah 1410 H (1988 M).  dan beliau meninggalkan empat putra beliau yaitu: Muhammad Nur Arofah, Ridlo, Fahd, dan Nizar.

Dan di Mesir ini banyak murid-murid beliau, namun yang aku kenal dan masih ngajar tentang hadist adalah Syeikh Mahmud Said Muhammad Mamduh yang berhidmat di daerah sekitar Azhar Darosah. Ambilah mereka karena sanad adalah sebagian dari agama.

Tidak ada komentar: