BUAH JEMARI-Q

Kamis, 13 September 2012

Jadwal Talaqi Mesjid Al Azhar Sept. 2012 (ter-Update)

KAIRO-Talaqi adalah kegiatan belajar non formal yang telah dilakukan oleh Rasulullah saw., sahabat, tabiin, sampai ulama-ulama setelahnya hingga sekarang. Talaqi ini dinilai sangat efektif sebagai sarana transfer knowlage dari seorang guru terhadap muri-muridnya.

Talaqi sendiri di Indonesia telah diterapkan semenjak dulu oleh para ulama, dan akan lebih kentara lagi jika kita menilik ke pesantren-pesantren salaf diseluruh pelosok negri. Pengajaran yang dilakukan tanpa berdasar akan kurikulum yang di dikte oleh suatu Yayasan atau konstitusi ini namun selalu melihat tarap tingkat kemampuan muridnya sangat bisa dihitung berhasil.

Talaqi tidak hanya proses memindahkan ilmu sahaja, namun juga proses pendidikan etika yang langsung dipraktekan oleh guru dan selanjutnya di ikuti oleh para murid-muridnya. Talaqi tak terbatas oleh usia, waktu, dan pelajaran yang dikaji. Talaqi juga sebagai tempat pengembangan pola fikir para murid. Disana tak ada doktrin-doktrin tertentu, yang ada para pelajar diarahkan dan setelahnya mereka bebas menentukan arahnya dalam berfikir dan berkreasi.



Tak kalah ramainya, talaqi di Mesjid al Azhar yang telah beribu tahun lamanya, yang dibangun oleh kekuasaan Fatimiyah dulu kala. Talaqi di al Azhar ini diisi oleh pengajar kelas Internasional. Seperti Mufti Republik Mesir, Ulama dari Mentri Perwakafan, dan bahkan para pelajar yang telah dipercaya mampu untuk mengajar semisal Syeikh Ibrahim Maly. Murid-murid yang ikut dalam talaqi tentunya bukan hanya dari Mesir, namun dari seluruh penjuru dunia, Indonesia, Thailand, malaysia, Uzbekistan, Amerika, Hindia, Yaman, Maroko, dan lain sebagainya.

Mungkin itu sekelumit prolog tentang talaqi. Maka kali ini saya mengajak ayuk kita galakan talaqi, karena disana kita bisa menimba akhlak, ilmu, amal secara cuma-cuma. Silahkan di Share ataupun di unduh. Semoga bermanfaat.

JADWAL TALAQI DI MESJID AZHAR MESIR

Semangat dulu, Semangat lagi. Semangat terus!!!
Allah dulu, Allah lagi, Allah terus!!!!!!

Tidak ada komentar: