BUAH JEMARI-Q

Kamis, 16 Agustus 2012

Sukses Itu Mudah

"La Yuldaghu Al-Mukmin min Hujrin Marrataini" (HK: Imam Ahmad, Bukhori, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, kesemuanya dari Abi Ghurairah; Hadis Sahih, Marfu`)
Artinya: Orang mukmin tak akan pernah tersengat dua kali dalam satu lubang.

Ungkapan yang populer ditelinga "jangan jatuh dua kali dalam satu lembah", ini satu arti dengan hadis diatas.

Maksudnya, hendaknya orang mukmin harus bisa waspada diri, jangan sampai dia jatuh dalam kesalahan yang sama. Jika lebih jeli lagi, maka hadis dan ungkapan diatas sebenernya merekomendasikan kita untuk SUKSES dunia, akherat. Apa sebab?, karena disana kita diajarkan bahwa pengalaman adalah suatu pelajaran yang amat berharga, sehingga kegagalan cukup dengan satu kali saja, dalam satu bidang. Baik gagal masalah dunia, maupun maslah akherat.

Kita belajar dari diri, maupun orang lain bukan hanya tentang kesuksesan, namun juga tentang kegagalan. Sehingga, kesempatan gagal dalam hal yang sama akan sangat sedikit.

Pelajaran kegagalan itu bisa didapatkan, baik dari pribadi, maupun orang lain. Semua ini dikuatkan oleh sebuah hadis,
"Al-Mukmin Miratu Akhihi" (HK: Imam Thabrani, Dhiya, dari Anas bin Malik; Hadis Hasan).
Artinya: Orang mukmin itu sebagai gambaran (cermin) saudaranya yang lain.

Dan bisa ditarik pelajaran lain, bahwa kita juga bisa lebih sukses daripada masa yang telah lewat. Rumusnya masih sama, yaitu menjadikan kesuksesan diri, maupun orang lain sebagai pelajaran dan formula tindakan kita.

Maka, jika kita mengacu pada hadis dan ungkapan diatas, masa depan akan lebih banyak orang yang sukses dalam segala hal, jika dia mau, mau, dan mau belajar dari dirinya dan orang lain.

Kuncinya "BELAJAR SEPENJANG HIDUP". Wah, ini seirama dengan hadis yang memotivasi kita untuk belajar tanpa batas (baca: semenjak di ayunan, hingga di peristirahatan terakhir).

Kalo orang mau belajar terus, dia akan selalu menjadi pelajar (baca: murid). Jika dia menjadi murid, egois mana yang akan bersemi dalam kerendahan seorang pelajar dibawah guru mereka.
Guru itu bisa jadi adalah orang, hewan, alam, pengalaman, bahkan Tuhan.

So, saya punya grup SUKSES ITU MUDAH. Jika kita ketahui, hal itu tak mustahil. Butuh proses emang, iya, tapi gak serumit jika sudah ada pelajaran baik dari diri maupun orang lain. Maka, belajarlah dulu, belajar lagi, belajar terus!!!.BELAJAR DULU, BELAJAR LAGI, BELAJAR TERUS!!!

Ibarat orang jalan menuju suatu tempat, dan dia mengikuti orang yang telah pengalaman dan tahu jalan itu secara detail, maka dia akan cepat sampai tujuan, dibanding yang berjalan sendiri tanpa ada pengetahuan tentang jalan menuju tujuan itu.

Salam Ramadhan ke 28
KAIRO

Tidak ada komentar: